Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Selasa, 02 Mei 2017

Oprek Kelemahan dan Kelebihan Template AMP Blogger

Kelemahan dan kelebihan menggunakan template AMP versi blogger ini menjadi bahan pertanyaan yang sering diajukan oleh para blogger. Secara resmi google telah meluncurkan Accelerated Mobile Page untuk memberikan layanan pengguna mobile dalam beraktivitas di internet. Dengan adanya blog versi AMP akan menambah kecepatan halaman situs ketika diakses dengan mbile smartphone dan tablet.

Ini memang menjadi terobosan maju yang dilakukan oleh pakar google, karena dengan ini masalah blog lelet akan teratasi dengan template versi AMP.

Namun selain beberapa kelebihan yang dimiliki template AMP blogger, ternyata masih menyisakan beberapa kekurangan didalamnya. Ini tentu menjadi bahan pertimbangan serius buat para blogger jika ingin beralih ke template valid AMP. dan berikut ini Albar Computer sedikit akan uraikan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan template versi AMP.

Kelebihan & kekurangan template AMP blogger


Kelebihan Template Valid AMP Blogger



Kecepatan blog


Dengan template valid AMP akan membuat kecepatan blog lebih maksimal sehingga halaman blog menjadi ringan saat diakses melalui mobile ataupun desktop. Dengan begitu blog berpeluang di sukai banyak orang terutama pengunjung dari mobile phone.

Mendapat Perlakuan Khusus Dari Google


Dengan menggunakan template valid AMP akan membuat blog diistimewakan oleh google. Salah satunya yaitu diberikannya tanda petir di artikel blog saat muncul di hasil pencarian. Dengan begitu pengun jung akan tahu mana halaman blog yang ringan diakses dan yang tidak.

SEO Optimation

Template valid AMP akan membuat blog jadi lebih SEO, kok bisa? Iya ini menurut pemahaman saya jika pakai template AMP secara otomatis blog akan dinilai bagus oleh google. Dengan halaman yang ringan akan menambah banyaknya lalulintas ke blog tersebut, dan secara otomatis google akan melihat blog memiliki reputasi bagus. Karena memang Fast load halaman blog menjadi hal yang diperhatikan oleh pihak google.

Baca juga Menganalisa Kekuatan SEO Blog di Google, Bing, Yahoo, & Ask

Penghasilan Naik


Dengan template versi AMP akan menambah kecepatan blog yang berakibat semakin bertambahnya jumlah visitor. secara tidak langsung itu akan membuat penghasilan blog akan meningkat.

Kelemahan beralih ke Template AMP blogger

Selain beberapa kelbihan diatas, ada beberapa kelemahan yang menurut saya perlu jadi bahan pertimbangan para blogger sebelum beralih menggunakan template versi AMP.

Bertambah pekerjaan saat Posting

Dengan template versi AMP akan menambah pekerjaan kita saat posting, karena kita harus mengatur dan menambahkan kode untuk Image dan Video secara manual agar valid AMP.

Baca juga : Optimasi SEO dengan Gambar 

Tidak cocok Dipakai ke Blog Lama

Kenapa template AMP saya bilang tidak cocok dipakai di blog lama, iya ini karena akan banyak pekerjaan nantinya, karena harus edit setiap posting satu persatu. Setiap gambar dan video dalam posting harus di edit dengan menambahkan kode versi AMP agar tidak error. Bayangkan jika template AMP dipakai di blog yang sudah memiliki 300 atu bahkan 500 artikel, tentu akan capek kita dibuatnya.

Jadi template AMP ini disarankan hanya dipakai di blog baru.

Belum support pada Custom Domain


Saat ini template AMP belum support ke blog custom domain, untuk itu buat sobat yang blognya memakai custom domain sebaiknya jangan memakai template AMP versi blogger ini dulu. Karena akan sia-sia saja.

Miskin Tampilan

Dengan dihapusnya Javascript pada template versi AMP, maka secara otomatis akan membuat blog miskin tampilan dan kurang menarik dilihat.

Belum mendukung semua platform


AMP belum mendukung page speed dan SEO unttuk situs non publisher seperti e-commerce. Saat ini hanya situs berartikel berita dan posting blog saja yang didukung AMP.

Tidak Support pada Blogger Comment

Saat ini AMP tidak support ke komentar blogger sehingga blog harus beralih ke komentar disqus sebagai alternative untuk memberikan layanan komentar pada pengunjungnya.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan template valid AMP blogger yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan apakah mau berlaih ke AMP atau tidak.

Previous
Next Post »