Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Kamis, 02 Januari 2014

Servis Laptop Mati Tiba-Tiba Ketika Dihidupkan

Umumnya ketika laptop/computer sudah lama dan tua banyak sekali permasalahan laptop yang sering muncul. salah satunya yaitu ketika hidup latop tiba-tiba mati gak tau penyebabnya padahal awalnya nyala normal. Anda yang belum paham masalah servis computer/laptop pasti akan dibuat bingung dan bertanya-tanya kenapa ini bisa terjadi. Seketika itu juga Anda mungkin langsung beresin laptop dan bergegas pergi ke tukang servis. Namun, tenang dulu dengan cara yang Albar Computer bagikan kali ini mungkin saja bisa membantu Anda untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada laptop Anda.

Laptop ketika nyala lalu mati tiba-tiba mati umumnya disebabkan karena overhead atau prosessor terlalu panas. Ini disebabkan karena fun/kipas pendingin macet atau tidak bekerja, kipas bekerja namun tidak maksimal karena terhalang debu, kipas sudah tua dsb. Lalu untuk mengatasinya silahkan buka penutup belakang laptop dan bersihkan kipas dari debu dan kotoran.  Tiup dan lap, kalau mau maksimal lepas kipas dan semprot dengan compressor. Pastikan putaran kipas normal, lalu jika sudah dipastikan kipas berputar normal coba pasang kembali.

Buka processor laptop yang ada, biasnya letaknya ada di samping kipas dan berbentuk segi empat. Buka baut dan lepas tuas lalu ambil processor. Periksa pasta pada processor apakah masih ada, atau sudah kering dan habis. Bentuk pasta adalah jel, biasanya warnanya putih dan ada juga yang hitam. Coba ganti pasta pada processor dengan pasta baru yang lebih segar dan basah. Setelah itu pasang kembali processor. baca juga cara mengatasi kerusakan processor.

Periksa juga RAM Laptop Anda apakah sudah terpasang kuat dalam posisinya atau sedang kendor. Jika kendor buka RAM dan bersihkan juga bagian platina pada ram dengan step/penghapus pensil. Setelah dipastikan bersih pasanglah RAM ke posisinya dengan benar .

Setelah semua cara diatas Anda lakukan maka cobalah nyalakan kembali laptop/computer. Jika laptop berhasil nyala secara normal maka selamat yah Anda berhasil. Namun, jika masih juga belum nyala Anda bisa mengulangi cara diatas sekali lagi dan coba periksa juga battery apakah masih ada atau sedang kosong. Jika masih belum nyala juga kemungkinan motherboardnya. Anda bisa membawanya ke tukang servis kalau merasa belum mampu memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »