Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Senin, 01 Mei 2017

6 Cara Agar Android Tidak Boros Kuota

Android boros kuota tentu hal tersebut tidak diinginkan oleh setiap penggunanya. Melakukan aktivitas di internet memang terasa mengasikkan, bahkan terkadang kita sampai lupa jadwal acara kita karena keasikan browsing sana sini dan berinteraksi melalui sosmed dengan banyak teman.

Perkembangan dunia digital yang semakin canggih didukung juga dengan mudahnya memperoleh akses internet melalui Smartphone membuat operator seluler berlomba-lomba menawarkan paket kuota data yang ekonomis. Namun karena mudanya mendapatkan kuota data internet inilah yang sering membuat kita royal dalam menghabiskannya.

Sebesar apapun kuota data namun jika pemakaianya tidak terkontrol maka akan cepat habis juga. Karena itu akan lebih bijak jika kita mengontrol penggunaan kuota internet untuk android agar lebih hemat dan tidak makan banyak kuota.

Mudahnya mengakses situs-situs menarik yang berisi konten yang kita cari di internet seperti video, gambar, dan lainya memang membuat kita betah berlama-lama dengan android. Apalagi saat ini banyak aplikasi di playstore yang menawarkan beragam fungsi untuk mendukung aktivitas berinternet. Jika kita lengah bias-bisa kuota yang baru saja diaktifkan ludes dengan sekejap saja.

tips android hemat dan tidak boros kuota

Bagaimana agar android hemat kuota?

Solusi agar android tidak banyak makan kuota yang bisa anda terapkan akan dijelaskan dalam uraian berikut ini.

1. Nonaktifkan sinkronisasi

Nonaktifkanlah sinkronisasi di android anda untuk menghemat kuota data. Dengan melakukan setting tersebut secara otomatis aplikasi yang biasanya otomatis mengirimkan pemberitahuan akan stop sampai anda mengaktikannya kembali. Cukup aktifkan saja aplikasi yang sering kalian pakai.

Jika kalian lebih sering menggunakan WA, dan BBM, maka nonaktifkanlah LINE, Wechat, Email, Massengger, dan lainya yang dirasa jarang kepakai.

2. Alihkan Pembaruan Aplikasi hanya pada Wi-Fi saja

Banyak aplikasi android yang melakukan pembaruan secara otomatis tanpa pemberitahuan dan kita sadari. Itu bias berlangsung kapan saja ketika ada pembaruan. Jadi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengalihkan pembarruan aplikasi hanya pada wi-fi saja.

Dan nantinya saat smartphone anda terhubung pada Wi-Fi secara otomatis pembaruan aplikasi akan berlangsung sendirinya.

3. Gunakan browser yang hemat data


Saat ini browser yang dianggap dapat menghemat kuota data seperti Mobile Chrome, dan UC Browser. Kedua aplikasi ini memiliki tool yang dapat menghemat kuota internet anda. Seperti anda bias menonaktifkan image, video, memblok iklan dan lainya.

Dengan memakai browser tersebut anda dapat mengatur keluarnya data sesuai dengan keinginan.

Silahkan kktifkan fitur 'Data Server' pada pengaturan Chrome di Android anda. Pilih 'Setting', 'Data Server' dan 'ON' agar layanan tersebut aktif.

Mengaktifkan tool rahasia di browser ini, anda dapat menghemat 50 persen kuota internet.

4. Aktifkan peringatan penggunaan data di Android anda

Memang banyak sekali kelebihan dari telephone cerdas seperti smartphone yang dapat anda optimalkan, salah satunya yaitu layanan peringatan penggunaan data.

Aktikanlah layanan tersebut dengan masuk ke 'Setting', pilih 'Data Usage', pilih 'Celular Data' dan buat 'Set Celular Data Limit'. Tekan lagi untuk mengaktifkannya.

Mengaktifkan layanan ini anda akan dapat mengontrol penggunaan kuota data, karena setiap dirasa pemakaian berlebih anda akan mendapati peringatan dari android anda.

5. Membatasi penggunaan data pada aplikasi

Anda dapat meminimalisir penggunaan data aplikasi melalui pengaturan di beberapa aplikasi. Buka penjelasan terkait aplikasi pada menu 'Setting' dan lakukan minimalisir.

Masuklah ke menu 'Setting' pada aplikasi dan klik 'Back up & Sync'. Anda bisa melihat pilihan terkait penghematan data internet dan bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Dengan melakukan pengaturan tersebut, otomatis android anda sekarang akan lebih hemat data.

6. Minimalisir nonton konten Video dan Streaming

Salah satu konten yang banyak makan kuota adalah video, baik vuideo youtube atau live streaming. Dan lagi jangan banyak download file yang tidak penting, karena akan buang-buang kuota saja. Mulailah mengatur pemakaian kuota data dengan memilih konten yang memang anda butuhkan.

Dengan melakukan 6 langkah menghemat kuota data tersebut, maka kini android anda akan lebih hemat kuota dan tentunya menghemat uang juga.

Previous
Next Post »