Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Servis Laptop Gak Bisa Booting - Dihidupkan terus mati lagi

Terkadang kita sering mengalami laptop-komputer dihidupkan terus mati atau gak mau booting dan masuk windows. Berawal dari pengalaman pribadi, kemarin sempat ada teman yang membawa laptop merk HP-nya ke rumah, dia bilang bahwa laptopnya ketika tombol power di hidupkan laptop nyala tapi selang1 (satu) menit laptop mati sendiri sebelum masuk ke windows. Padahal saya sendiri tau bahwa Laptop tersebut baru sekitar satu bulan di belinya.


Ini jelas membuat dia bingung dan minta tolong saya untuk memperbaikinya. Awalnya saya mengira bahwa mungkin batteray-nya yang lemah ataun aus. Tapi ternyata tidak. Hemmm… masih belum ketemu permasalahanya.

Selanjutnya ku buka penutup belakang laptop, awalnya saya lepas batteray-nya trus saya bersihkan sekitar situ, setelah itu lepas penutup HARDISK dan hardisk dalam posisi normal dan aman.., masih belum ketemu juga masalahnya. Ahirnya terlintas di pikiran saya bahwa mungkin masalah terjadi pada RAM-nya. Tanpa nunggu lama ku buka penutup RAM di belakang laptop dan terdapat dua RAM yang masing-masing berukuran 2GB, saya lepas smuanya dank u bersihkan dan kembali kupasang trus dan laptop coba di nyalakan.

Gambar proses booting komputer gak mau masuk windows
Yeach .. masih belum nyala juga. buka lagi RAM dan coba satu-persatu ku lepas RAM yang ada. Kali ini hanya saya pasang satu RAM, dan hidupkan laptop kembali, masih juga belum nyala, lepas lagi RAM dang anti yang satunya  , pasang RAM dan hidupkan lagi dan DEAR…! Ternyata bisa menyala dengan baik.

Diambil kesimpulan bahwa masalah diatas atau Laptop di hidupkan selang 1 menit terus mati lagi di sebabkan karena salah satu RAM yang ada pada Laptop mati dan harus di ganti. Tapi kalau dirasa pakai 1 RAM sudah cukup hanya di pasang 1 RAM juga gak papa.

Kurasa cukup dan hanya berbagi pengalaman, semoga ini bermanfaat.