Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGHINDARI PEMBAJAKAN AKUN FACEBOOK DAN TWITTER


Belakangan ini banyak sekali pembajakan Akun facebook dan twitter. Ini jelas menjadi masalah tersendiri bagi pengunanya jika terjadi pembajakan akun.
Bagi sebagian orang menjadikan akun sosial media sebagai media berkomunikasi dengan orang baik dalam hal Bisnis, berbagi informasi kepada teman dan publik, perkenalan, hubungan Asmara dll.
Nah, ini benar-benar gawat jika Akun kita di bajak oleh orang lain. Bisa – bisa akun kita di nonaktifkan begitu saja dan kita akan kehilangan komunikasi dengan semua relasi tentunya.

Yang lebih parah lagi jika akun kita di gunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum sepertipenipuan. Baik dalam modus jual-beli, permintaan bantuan pengiriman dana/pulsa, dan sejenisnya. Sedangkan resiko yang paling berat adalah jika sampai terjadi pelanggaran privasi, dan/atau pencemaran nama baik atas diri kita atau relasi kita. Kita yang mungkin sudah jadi korban pencurian/pembajakan akun, masih saja harus direpotkan dengan masalah-masalah yang timbul karenanya.

Gambar Pembajakan akun facebook, twitter, email
Jadi, jangan sembarangan dalam menggunakan akun media sosial apapun. Anda harus berhati – hati menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun di jejaring sosial media.
Berikut ada beberapa tips dan trik untuk menghindari pembajakan akun. semisal dengan menggunakan password yang mudah diingat oleh kita sendiri tapi sulit ditebak oleh orang lain. usahakan password yang kita pakai tidak 'one for all' artinya satu untuk semua akun kita. Karena begitu satu password sudah bocor ke orang lain, maka urusannya jadi semakin rumit.

Kemudian hindari menggunakan layanan online yang mengharuskan kita memasukkan password, ketika menggunakan internet di tempat publik yang kita tidak yakin keamanannya. Ketika kita login di tempat publik, misalkan di warnet pastikan tidak mencentang atau men check (√) kolom “Stay signed in atau biarkan saya tetap masuk “ agar email dan password kita tidak nempel terus di situ. Atau setelah Anda menggunakan internet anda hapus semua riwayat penelusuran termasuk pengaturan Sandi/log masuk aktif.

Itulah beberapa tips dan trik mencegah pembajakan Akun facebook dan twitter. Semoga artikel ini bermanfaat.