Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian Custom Domain Blogspot Ke Domain TLD

Keuntungan dan kerugian mengubah domain blog menjadi TLD menjadi salah satu pembahasan yang cukuyp menarik untuk kita bahas, lebih-lebih teman-teman blogger pemula seringkali masih bertanya soal hal ini.

Kita tahu, blogspot merupakan salah satu platform blog yang memberikan layanan gratis tanpa bayar. Blogspot atau blogger.com yaitu platform blog yang dimiliki oleh raksasa internet yaitu google dan menjadi salah satu layanan blog gratis dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. banyaknya pengguna platform blogspot masuk akal banget, karena disamping layananya gratis dan mudah digunakan, platform ini juga menawarkan layanan lain yaitu custom domain langsung dengan domain milik kita sendiri. Selain itu ngeblog diblogspot juga memiliki peluang untuk dimonetisasi atau diuangkan.

Untuk sahabat-sahabat blogger pemula yang ingin memahami tentang kuntungan dan kerugian ustom domain blogspot ke domain TLD dapat membaca artikel ini sampai selesai. Karena akan saya jelaskan beberapa hal yng mungkin berguna untuk sahabat pemula apa yang telah saya pahami selama ngeblog dari tahun 2010 sampai sekarang.

keuntungn mengganti domin blogspot ke domain TLD

Cara custom domain blogspot sangatlah mudah untuk sahabat lakukan, karena kalian tidak perlu repot atau dipusingkan lagi untuk membeli hosting sendiri serta memahami settingan hosting yang agak njelimet. Hosting blogspot diberikan secara gratis, jadi ketika kita membuat blog di platform ini otomatis blog yang kalian buat terkoneksi dengan layanan hosting gratis dari blogspot yang tidak terbatas besaranya. Bukankah ini suatu kelebihan dan keunggulanya?.

Khusus untuk domain TLD, untuk memilikinya sahabat harus mengeluarkan sedikit uang untuk dapat menggunakannya. Ada banyak sekali situs yg memberikan layanan pembelian domain TLD ini seperti blogkamu.com, blogkamu.net, blogkamu.info, blogkamu.web.id, blogkamu.co.id dsb. Sahabat bisa search langsung di google  dengan kata kunci, layanan domain, beli domain, pesan domain & lainya  dan akan banyak bermunculan situs penyedia domain yang bisa sahabat pesan.

Bagaimana jika ingin custom domain blogspot ke TLD?

Sebelum memutuskan pilihan sahabat, ada beberapa keuntungan dan kerugian yang perlu sahabat ketahui. Keuntungan dan kerugian mengcustom domain dari blogspot ke domain TLD ini berkaitan dengan keunikan nama/brand, gaya, traffic, dan google pagerank atau Alexa rank blog.

Keuntungan custom domain dari blogspot ke domain TLD

Untuk sahaabat, jika ingin Custom domain ke TLD berikut ini keuntungan serta kelebihannya, beberpa keuntungan itu meliputi:

  1. Blog sahabat kelihatan lebih unik dan berbeda
  2. Blog akan terlihat lebih personal dan profesional  (karena tidak ada embel-embel blogspot) contoh : blogkamu.blogspot.com akan lebih kelihatan professional jika URLnya blogkamu.com.
  3. Nama domain blog sahabat mudah diingat karena lebih pendek namanya
  4. Domain TLD akan lebih ramah terhadap mesin pencari dan tentunya lebih SEO
  5. Domain blog TLD bisa dijadikan investasi domain. Ini krn dengan top level domain, domain bisa diperjual belikan dengan harga yang tinggi karena page rank dan alexa yg tinggi. ini tentu berbanding terbalik dengan masih menggunakan domain blogspot. Jika masih menggunakan blogspot. Setinggi apapun page ranknya, page rank tetap milik blogspot selaku pemilik domain utama. Ini jelas menguntungkan bagi pemilik domain TLD. Dan masih banyak lagi keuntungan lain dari custom domain.

Untuk selanjutnya yang perlu sahabat pahami, selain beberp keuntungan da juga kekuranganya jika mengcustomisasi domain blogspot ke domain TLD.

Kerugian custom domain ke TLD yang mungkin di dapat sahabat
Kelemahan yang saya ulas disini lebih dikhususkan untuk blog lama, dan bukanlah kelemahan yang bersifat permanen, karena sifatnya hanya berlaku beberpa bulan saja, untuk selanjutnya asal pengelolaannya benar, keuntungan ini akan segera teratasi. Dan inilah beberapa kelemahan custom domain tsb.

  1. Blog akan kehilangan Pagerank, dan backlink ke blog sahabat.
  2. Blog akan kehilangan Alexa Rank, karena Alexa rank akan kembali  keawal seperti sahbat mendaftarkan blog baru ke alexa.
  3. Terjadi penurunan traffic yang drastis, serta penurunan proses index oleh mesin pencari karena mesin pencari seperti melihat blog baru yang belum dikenalnya.

Catatan buat para sahabat blogger pemula, Jika akan melakukan custom domain ke TLD pakai atau membuat blog baru, karena tentu dengan blog baru yang langsung kita custom, tidak akan banyak pengaruh yang timbul seperti hilangnya traffic, pange rank, dan lainya.

Dan jika sahabat bisa membeli domain TLD milik orang lain yg sudah memiliki pagerank dan alexa rank yang tinggi itu sebuah keuntungan tersendiri. Karena domain yg memiliki PageRank/AlexaRank tinggi lebih disukai oleh mesin pencari. Namun dengan catatan domain TLD lama yang sahabt beli tidak memiliki riwayat buruk di mata search engine.

Itulah beberapa ulasan singkat tentng keuntungan dan kerugin mengganti domin blogpot ke domain sendiri yaitu TLD.

Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.