Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Senin, 02 September 2013

Cara Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop Lambat

Cara mempercepat kinerja komputer atau laptop lambat booting atau lama membaca data yang ada kita dapat melakukan tips trik optimasi kinerja komputer dengan cara setting BIOS komputer dan trik lain tanpa menambah ukuran RAM dan mengganti processor dengan ukuran yang lebih tinggi. cara yang akan albar computer share disini yaitu mempercepat kinerja komputer dengan sedikit merubah setting di BIOS dan melakukan beberapa trik dalam setting startup dan registry computer.

Untuk optimasi kinerja komputer dengan cara seeting BIOS ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulainya. Umumnya masing-masing tipe BIOS komputer berbeda-beda dalam settinganya. Namun, kali ini ada 2 macam setting BIOS yang bersifat umum yang dapat Anda lakukan yaitu:

Cara mempercepat kinerja komputer atau laptop lambat booting atau lama membaca data
  1. Setting fisik yaitu melakukan perubahan pada beberapa jumper atau Switch sesuai dengan pedoman yang ada pada buku Maiboard
  2. Melakukan perubahan nilai pada Menu-menu tertentu.Untuk setting ini ada beberapa perubahan yang dapat kita lakukan pada BIOS :
  3. Matikan/non-aktifkan port yang tidak kita gunakan misalnya Game Port, Paralel Port, Serial Port, LAN dll
  4. Biasanya computer akan membaca terlebih dahulu Drive yang menjadi 1st boot ; 2nd ; dan seterusnya. Dalam keadaan biasa sebaiknya 1st boot langsung saja pada Hard Disk (HD 0) jangan CD ROOM . Jika demikian maka waktu booting akan lebih lama.
  5. Sub-Menu ; Quick Boot harus dalam keadaan Enable dan Virus Detection dalam keadaan Disable
Selain dengan cara setting BIOS, untuk mempercepat kinerja komputer Anda juga bisa dengan menambahkan trik berikut ini yaitu dengan mengurangi beban start up pada registry. Berikut ini caranya:
  • Klik menu [Start > Run…] lalu pada jendela Run ketik [regedit] lalu klik [Ok]
  • Buka [HKEY_LOCAL_MACHINES\software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run] lalu hapus semua perintah yang anda anggap tidak penting dijalankan saat startup.
  • buka [HKEY_LOCAL_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionRun] dan lakukan langkah yang sama dengan langkah di atas.
  • [HKEY_LOCAL_MACHINES\SYSTEM\Currentcontrolset001\control        gantilah file waittokillservicetimeout dengan string dibawah settingan default misal defaultnya : 1200 ubahlah menjadi 500 atau dibawahnya. Ini digunakan agar program yang mengalami stuck atau not respond langsung dihentikan sehingga mempercepat responsifitas komputer.
  • Selain itu lakukan juga pembersihan folder start up di komputer atau laptop Anda dengan cara:
  • Klik Menu Start > All Programs > Start Up dan kemudian delete semua file yang ada pada Folder Start Up.
  • Setelah proses pertama di atas selesai, kemudian buka C: Documents And Settings Start Menu Programs Start Up lalu kemudian bersihkan kembali semua file yang ada di sana.
  • Klik Menu Start > Run….. lalu ketik ; msconfig lalu pilih [OK]
  • Pada jendelah System Configuration Utility pilih tab Start Up lalu hilangkan tanda centang ( ? ) pada program yang anda anggap tidak perlu diaktifkan saat computer start-up.
Matikan Service Yang Tidak Diperlukan

Untuk Windows XP salah satu komplotan pembuat lambat adalah komponen Service. Komponen Service sebenarnya adalah tool administrative yang bisa dipakai untuk mengatur jaringan computer dan komponen system yang lain.
  • Klik Menu Start > Run….. lalu ketik ; msconfig lalu pilih [OK]
  • Pada jendelah System Configuration Utility pilih tab Service lalu hilangkan tanda centang ( ? ) pada service yang anda anggap tidak perlu diaktifkan saat computer start-up.
  • Jika anda bingung menentukan bagian mana yang harus maka jalan pintas adalah beri tanda centang ( ? ) pada Hide All Microsoft Service
  • Jika anda ragu mengenai serice mana yang boleh dihilangkan dan mana yang tidak boleh, ada baiknya anda membaca keterangan setiap service tersebut pada Service Control Panel dengan cara ; Klik Start > Run… lalu ketik services.msc lalu klik [OK]. Yang harus and baca pada jendela ini adalah Description dari setiap Services
  • Apabila Description dari setiap Services sudah anda pelajari dengan baik maka untuk mematikan service tersebut secara permanent adalah dengan cara klik kanan pada service yang bersangkutan lalu pilih Propertis dan pada tab General terdapat Startup type, lalu kemudian pilih Disable.
Kosongkan Folder Prefetch

  • Untuk computer yang sudah lama kita gunakan, cobalah anda buka drive C: \Windows \Prefetch. pada folder ini ada puluhan bahkan ratusan file yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi. Apa gunanya file-file tersebut ? Pada saat kita membuka suatu file atau program maka computer akan membuat sebuah file pemandu agar jika dikemudian hari kita membuka file/program yang sama prosesnya akan lebih cepat. Namun karena kejadian ini terjadi berulang-ulang dan bahkan untuk item yang tidak diperlukan Windows melakukan hal yang sama sehingga Folder Prefetch akan berisi tumpukan file tidak kita perlukan lagi. Hapus saja semua file yang ada di sana.
Non-aktifkan 7 Splash Screen

Pada saat proses booting logo 7 akan selalu muncul sebelum akhirnya kita sampai ke Desktop. Jika logo ini dinonaktifkan dapat mempercepat waktu booting beberapa detik. Buka System Configuration Utility melalui Start > Run… dan ketik msconfig lalu [OK]. Pilih tab BOOT.INI lalu beri tanda centang pada /NOGUIBOOT, kemudian klik [OK]

Defragment


Defragment digunakan untuk menyusun kebali file-file yang berantakan,terpecah belah sehingga mempercepat komputer membaca data-data yang ada dan juga memperpanjang umur harddisk.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja komputer atau laptop yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat Anda pahami.

sumber : cara optimasi kinerja komputer

Previous
Next Post »