Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.



Rabu, 28 Desember 2016

Inilah Daftar Ancaman Data Komputer Yang Harus Anda Tahu

Ancaman data di Komputer selalu ada dan akan menjadikan kita harus selalu mewaspadainya. Di dalam komputer yang kita gunakan, tentu menyimpan banyak sekali data yang ada di dalamnya. Hardisk sebagai media penyimpanan data di komputer selalu rentan terhadap serangan-serangan virus dan malware jahat. Hardisk juga rawan kerusakan. tentu keadaan tersebut harus kita waspadai dan persiapakn sebelumnya agar data yang tersimpan tidak rusak dan hilang begitu saja.

Sebagai pengguna yang baik, kita perlu mengetahui apa saja yang termasuk data di dalam komputer kita. Dengan mengetahui bentuk dan tipe data yang ada di dalam komputer kita ini akan memudahkan kita untuk mengatasi apabila ada ancaman terhadap data kita tersebut. Berikut ada beberapa penjelasan mengenai berbagai kemungkinan yang terjadi pada data di komputer kita.

Daftar ancaman data di komputer
Pengertian Data

Untuk mengetahui pentingnya mengamankan data, maka kita harus mempelajari dasar/pengertian dari data itu sendiri. Banyak terdapat pengertian data yang diragukan dari berbagai sumber, antara lain:
  1. Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia, data diterjemahkan sebagai Istilah yang berasal dari fakta atau bahan-bahan keterangan.
  2. Pengertian yang lain mengatakan bahwa data is the descriptions of things and event that we face. Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. Jadi pada intinya, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan suatu kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

Selain itu, data sangat erat kaitanya dengan informasi, yaitu data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan (Gordon B. Davis dalam bukunya Managenent Informations System: Conceptual Foundations, Structures, and Development).

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya.

Kemudian, dalam hubunganya dalam dunia komputer, data yang berisi informasi tersebut disimpan dalam sebuah file. File adalah arsip yang disimpan dalam suatu media, yang terdiri dari kumpulan karakter, gambar, dan didokumentasikan dalam bentuk data digital oleh computer.

Setiap file memiliki memiliki sebuah nama untuk membedakan antara file yang satu dengan yang lainya. Setiap file pada OS Windows memiliki ekstensi.

Ekstensi file berfungsi mengetahui atau membedakan jenis file. Ekstensi file merupakan salah satu dari metadata yang menjelaskan informasi tentang file (data fisik dari file itu). Dalam metadata selain informasi file ekstensi juga terdapat berbagai informasi lainya seperti, informasi nama file, size file, lokasi penyimpanan file, tanggal file dibuat (created), tanggal file terahir dimodifikasi (modifield), tanggal file terahir diakses (access), dan masih banyak lagi informasi fisik tentang suatu file. Untuk membuktikanya mari  kita lihat properties sebuah file.

Cara untuk melihatnya dengan klik kanan di sebuah file, lalu pilih properties. Maka akan keluar properties dari file yang kita pilih.

Dengan memahami beberpa poin tentang ancaman data komputer diatas, sedikit banyak akan membantu anda yang belum paham mengenai masalah ini.

Previous
Next Post »