Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Minggu, 15 Februari 2015

Trik Mudah Mengatasi Masalah Pada Motherboard PC-Laptop

Motherboard adalah salah satu hadware di computer yang memiliki peran sentral dalam kinerja computer. Jika terjadi rusak pada motherboard maka secara otomatis computer tidak bisa digunakan lagi.


Motherboard berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja semua komponen serta mengendalikan lalu lintas data antar komponen yang ada. Contohnya lalu lintas data antara harddisk, keyboard, mouse, dan sebagainya.

Tanda-tanda kerusakan pada Motherboard adalah:

Gambar cara servis motherboard rusak atau mati
Jika komputer di hidupkan, tetapi tidak mau di restart lewat CPU melainkan lewat system operasi, maka gangguan ada pada motherboard.

Trik solusi  mengatasi masalah motherboard dengan gejala kerusakan diatas yaitu:
Silahkan buka casing CPU/penutup belakang Laptop anda dan periksa semua kabel jumper reset pada motherboard.

Jika masalah computer hanya tidak bisa masuk ke system komputer akibat lupa password. Atau ternyata, password di komputer tidak bisa di hilangkan. Ini solusi mengatasinya;

Silahkan anda periksa motherboard komputer anda. Coba lepas baterai CMOS yang ada di Motherboard cari aja bentuknya seperti batterai Jam tangan tapi ukuranya lebih besar. Nah setelah itu lepas juga semua kabel yang menuju ke jalur sumber listrik. Tunggu antara 5 sampai 10 menit.  Habis itu coba hidupkan kembali komputer dan password akan hilang secara otomatis. Kalau berhasil bilang Hore yak!

Jika masalah yang terjadi adalah pada saat proses Installasi telah selesai, namun tidak bisa menghidupkan komputer ketika tombol ON pada casing di tekan. Akan tetapi monitor dalam kondisi hidup, terbukti dengan tanda lampu indikator yang menyala. Tenang dulu dan tarik nafas pelan-pelan biar bawaannya enteng.  Dan solusi mengatasinya adalah;

Coba  periksa jumper power pada motherboard . Setelah selesai di periksa pasang kembali sesuai dengan aturanya. Ingat ya posisinya harus pas.

Dan jika semua komponen PC dalam kondisi baik. Namun , komputer tetap saja tidak mau hidup, sedangkan lampu indikator motherboard mati.... hayoo, pasti kondisi ini bikin pusing to, ini menunjukkan bahwa mungkin motherboard dalam kondisi mati.

Tentu anda sudah tahu solusi mengatasi motherboard mati kan? Gantilah motherboard tersebut dengan motherboard lain yang support dengan komponen yang ada. Jika komputer hidup dengan menggunakan motherboard yang lain, maka bisa dipastikan motherboard yang di depan tadi dalam kondisi mati. Segera  return bila Motherboard masih ada garansi. Namun jika sudah tak ada terpaksa anda harus beli motherboard yang baru untuk mengganti motherboard lama pada komputer anda.

Ok. Sekian dulu yang dapat saya bagikan, semoga informasi trik cara memperbaiki motherboard rusak ini bermanfaat buat anda.

Previous
Next Post »