Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Rabu, 31 Desember 2014

Solusi Cara Mengatasi Booting Komputer Sangat Lambat

Solusi cara mengatasi booting komputer sangat lambat atau lelet ini saya bagikan buat anda yang memiliki masalah serupa dengan saya yaitu booting komputer yang lelet. Jika anda belum mengenal Booting Komputer, pengertiannya menurut bahasa saya yaitu begini, saat kita pertama kali menghidupkan komputer nah proses loading atau masuknya komputer ke Windows itulah yang disebut booting.hehe...


Komputer/Nootebook anda terasa lambat saat booting?
 Memang sangat menjenuhkan, apalagi kita adalah seorang yang kerjaya tidak bisa lepas dari komputer/Laptop.

Banyak factor yang menyebabkan booting komputer/laptop kita sangat lambat. Lalu, bagaimana cara mempercepat booting komputer lambat, Berikut Albar Computer berikan triknya.

Gambar cara mempercepat booting komputer lambat atau lelet
  1. Penyebab yang pertama bisa berupa dukungan atau spesifikasi hadware di komputer kita ukuranya rendah contohnya RAM atau memory, Prosessor. Jika ini terjadi Anda bisa melakukan penambahan RAM atau mengganti ke ukuran yang lebih tinggi.
  2. Penyeb yang kedua yaitu jika ukuran / Spesifikasi komputer kita sudah cukup tinggi dan memadai namun masih sangat lambat saat booting jelas tu disebabkan karena Software yang kita pakai atau Setting di komputer kita ada yang salah.dan mari kita cari solusinya.
  3. Komputer yang  lambat pada saat melakukan proses booting biasanya disebabkan karena terlalu banyaknya program yang di upload pada saat start up. Karena Proses Start up yang berlebihan bisa menyebabkan komputer/laptop kita boros memory. Langkah dan solusi yang harus kita lakukan yaitu:
  4. Close semua aplikasi yang sedang Menyala pada komputer atau Laptop kita
  5. Lalu klik [ Start >Run..] lalu ketikkan “MSCONFIG” klik OK atau Enter dan akan muncul kotak dialog dialog [System Configuration Utilities]
  6. Klik tab Startup pada kotak dialog tersebut Tanda centang yang muncul pada kotak dialog ini mempakan daftar program-program yang aktif sejak Windows dijalankan. Jika tanda centangnya cukup banyak, maka hilangkan beberapa yang tidak Anda anggap perlu dan biarkan hanya terdapat pada program yang perlu saja. Sebagai contoh hilangkan saja tanda centang dari program program seperti e-mail client, messenger, Microsoft Office Start-up dan aplikasi lainya yang sebetulnya dapat dibuka kapan saja.
  7. Setelah anda hilangkan beberapa centang pada aplikasi yang di anggap tidak perlu lalu klik Apply dan OK . selanjutnya klik Yes pada konfirmasi untuk me-restart sistem Anda.
  8. Sering-sering mengontrol daftar Start up program di komputer/Laptop anda secara rutin agar pemakaian memory anda terjaga.

Nah selanjutnya Silahkan Anda coba Shutdown Komputer anda dan nyalakan kembali, wah hebat booting  komputer-laptop yang lambat,  kini sudah kembali sesuai yang di inginkan. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »