Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Sembunyikan Folder Di Komputer

Salah satu tehnik mengamankan data  yaitu dengan cara praktis sembunyikan folder di komputer. Seperti halnya file, proses menyembunyikan folder adalah langkah yang harus diambil demi keamanan data agar data yang kita miliki tidak diketahui, dibuka, atau dihapus oleh user lain. Cara ini sangat efektif sekali.

Berkaitan dengan penjelasan di atas kali ini blog tutorial bagikan tips dan cara menyembunyikan folder di komputer agar aman dan terjaga kerahasiaanya.

Menggunakan cara biasa

Caranya yaitu sebagai berikut
  1. Klik kanan folder yang akan kita sembunyikan, lalu pilih properties.
  2. Muncul properties dari folder tersebut.
  3. Beri tanda checklist pada Attribut Hidden. Lalu klik OK.
cara menyembunyikan folder di komputer

Menggunakan Command Prompt

Selain cara biasa diatas, kita juga dapat menyembunyikan folder dengan menggunakan Command Prompt. Caranya yaitu:
  1. Klik Start >> All Programs >> Accessories >> Command Prompt, ketik cd\ agar kembali ke directory C, lalu ketik attrib +s +h nama_folder. Misalnya : attrib +s +h dataku.
  2. Selanjutnya kita lihat, apakah folder dataku di directory C masih terlihat atau tidak? Sebenarnya kita juga tetap bisa melihat melalui Setting Folder Options seperti yang kita pelajari sebelumnya, yaitu: klik Folder Options – tab View. Lalu beri checklist pada Show hidden file folders. Hilangkan checklist pada Hide protected operating system file (recommended), dan lihat pada directory tempat kita menyimpan folder yang disembunyikan tadi.
  3. Agar file tersebut tidak disembunyikan, kita ubah atribut file dengan menggunakan Commond Prompt. Ketik attrib –s –h dataku, lalu tekan enter.

Terlihat dalam directori C:/ letak folder dataku yang disembunyikan, sekarang sudah terlihat lagi.

Itulah 2 cara menyembunyikan  folder komputer untuk menjaga keamanan data yang ada di folder tersebut. Mudah-mudahan ini dapat membantu dan tentunya memberikan manfaat yang positif bagi Anda. terimakasih semoga berhasil.