Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Kamis, 06 Juni 2013

Cara Menghemat Bandwith Hosting Wordpress

Cara agar bandwith hosting wordpress hemat dan tidak over kapasitas - ini sangat penting sekali diketahui oleh sobat blogger yang menggunakan wordpress. Kehabisan bandwith tentu menjadi masalah untuk blog kita. Blog yang kehabisan bandwith akan tidak dapat di akses untuk beberapa hari sampai ahir bulan atau sampai anda mengupgrade bandwith hosting yang dia pakai.

Bandwith hosting analoginya seperti ini : Yaitu besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting. Misalnya kita mengambil paket hosting dengan bandwidth 20 GB. Artinya, website kita hanya diperbolehkan untuk mengirimkan besaran data sebesar 20 GB tiap bulannya. Sebagai contoh, jika masing-masing halaman yang terdownload di blog kita mempunyai ukuran 100 KB, dan tiap harinya anda mendapatkan pageview sebesar 5.000 halaman, maka bandwidth yang dihabiskan oleh website kita tiap harinya adalah sebesar 5.000 x 100 KB = 500 MB/hari. Jika dikalkulasikan dalam sebulannya website kita menghabiskan bandwidth 15.000 MB (15 GB) /bulan.

Gambar Tips cara menghemat bandwith hosting wordpress

Lebih jelas tentang cara menghemat bandwith hosting WP, Albar Computer kali ini bagikan beberapa tips yang mungkin berguna untuk sobat.

Tips menghemat bandwith untuk pengguna wordpress :

  1. Install/Menggunakan Plugin WP Super Cache : cara kerja plugin wordpress ini adalah , Halaman Blog anda akan di rubah menjadi file-file .html, jadi ketika ada pengunjung anda yang mengakses website anda tidak lagi menggunakan proses PHP dan mySQL, yang akan meningkatkan kecepatan akses bagi pengunjung website anda. Selain itu pelugin ini dapat mengurangi jumlah Data Transfer atau Bandwidth yang di gunakan.
  2. Uninstall Plugin yang tidak di butuhkan : Metode ini akan meningkatkan performance Blog anda secara drastis.Plugin yang disediakan oleh para pengembang wordpress memangs sangat banyak untuk memudahkan kita, akan tetapi jumlah plugin yang terlalu berlebihan juga dapat memperlambat Blog anda pada waktu di akses oleh pengunjung Blog anda. Untuk itu anda harus memastikan mana plugin yang penting bagi Blog anda dan mana yang tidak dan setelah anda memastikannya anda dapat membuang plugin tersebut atau men-disable plugin tersebut.
  3. Gunakan theme yang ringan : Pilihlah theme wordpress anda yang sederhana yang tidak terlalu banyak mengandung gambar, apalagi video. Selain beresiko tidak enak dipandang (bila pemilihan warna tidak tepat), pengunjung juga akan malas berkunjung karena theme jenis ini memerlukan waktu yang lama untuk dibuka. Hindari pula theme yang terlalu banyak javascript-nya. Theme jenis ini hanya akan bagus di browser tertentu saja, dan tentu saja akan boros bandwidth.

Tips lain untuk menghemat bandwith :

Letakkan file statis pada pihak ketiga, misalkan gambar anda bisa upload ke photobucket atau video di upload ke youtube. Cara penghematan bandwith dengan memanfaatkan pihak ketiga juga harus berhati-hati, jangan sampai situs mereka tidak terpercaya dan tutup ditengah jalan (berimbas langsung pada hilangnya file file anda)

Itulah beberapa tips menghemat bandwith hosting wordpress buat sobat. Mudah-mudahan bermanfaat.

Previous
Next Post »