Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Fungsi Menu Dashboard Blogspot

Albar Computer; Kenali fungsi menu dashboard blogspot - Jika Anda adalah seorang blogger pemula dan masih belajar tentang blogspot sebaiknya mengetahui dulu tentang fungsi menu dashboard blogspot yang ada. Ini penting untuk diketahui lebih dulu sebelum kalin mempelajari tehnik-tehnik lain.

Tips trik dan tutorial blog kali ini bagikan penjelasan tentang fungsi menu dashboard blogger yang harus diketahui oleh blogger pemula atau masih baru. Pertama Silahkan simak gambar dibawah ini.

Gambar fungsi menu dashboard blogspot

Gambar diatas merupakan gambar dashboard blogger dan berikut penjelsan singkatnya.

Tool dibagian baris paling atas dengan kotak merah horizontal:

Nomor 1 : yaitu logo blogger yang di dalamnya terdapat link jika di klik akan menuju dashboard home atau tampilan awal jika kita masuk /login ke blogger.

Nomor 2 : yaitu gambar icon pensil yang berfungsi untuk membuat posting baru secara cepat.
Nomor 3 : yaitu gambar icon halaman kertas berfungsi untuk melihat semua posting blog.
Nomor 4 : view blog yaitu unutk melihat homepage blog Anda.

Keterangan menu di kotak merah vertical.

Dalam contoh gambar dashboard diatas yaitu menggunakan bahasa inggris. Tapi tak ada masalah Anda bisa menggunakan bahasa inggris atau bahasa Indonesia. tergantung kesukaan atau konten blog Anda.

1.  New post / Posting baru

Ini fungsinya sama dengan icon gambar pensil diatas yaitu fungsinya unutk masuk ke halaman untuk menulis artikel baru dan mempostingkanya.

2. Overview / Ikhtisar


Ikhtisar merupakan gambaran umum yang menyajikan data tentang blog kita setiap hari (Up to Date) meliputi pembaharuan, komentar yang menunggu untuk di moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, Penayangan hari ini, jumlah artikel yang ada dalam blog kita, hingga jumlah pengikut blog kita.

3. Post


Merupakan menu untuk kita memanage artikel/postingan, meliputi penulisan artikel baru, jumlah komentar untuk setiap artikel, berapa banyak artikel tersebut ditampilkan untuk dibaca oleh pengunjung blog kita, siapa yang menulis artikel tersebut, hingga informasi tanggal kapan artikel dibuat.

4. Pages / Laman

Laman, merupakan halaman mandiri yang disediakan oleh blogspot, anda dapat membuat laman yang nantinya bisa anda gunakan sebagai halaman statis, Laman sering di fungsikan sebagai halaman statis untuk menu Tentang kami, Hubungi, Site Map, Tukar Link, Dsb.

5. Comments / Komentar

Sesuai dengan namanya, menu ini di gunakan untuk memanage komentar, apabila ada komentar yang masuk di blog anda, untuk menampilkan komentar tersebut atau tidak, anda akan menggunakan menu ini.

6. Google +

Menu ini untuk menghubungkan blog dengan akun google plus kita. Kita juga bisa membuat pilihan mau menampilkan profil Google + atau halaman yang telah kita buat di google plus.

5. Stats / Statistik

Statistik adalah menu yang menampilkan data pengunjung blog, anda dapat melihat data pengunjung menurut  hari, dan bulan. Menu statistik di bagi menjadi 4 sub menu lagi, yaitu :

  1. Ikhtisar, Meliputi jumlah penayangan seluruh artikel di blog, dari penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu, dan jumlah total penayangan artikel blog sejak pertama kali di buat.
  2. Post, Menampilkan statistik berdasarkan artikel, yaitu artikel mana saja yang sudah dilihat oleh pengunjung.
  3. Sumber lalu lintas, merupakan sub menu yang menampilkan dari mana asal pengunjung sehingga dapat menemukan dan membaca artikel kita, apakah dari mesin pencari, atau dari jejaring sosial, atau dari tempat lain.
  4. Pemirsa, Menampilkan statistik pengunjung menurut browser yan digunakan untuk mengakses blog kita, kemudian menggunakan sistem operasi apa, windows kah, atau linux,atau mac OS, juga berasal dari negara pengunjung tersebut.

6. Tata Letak / Layout

Menu tata letak, merupakan rancangan tampilan blog anda, mau berbentuk tampilan seperti apa blog anda, ya diatur di tata letak, fitur-fitur seperti artikel terpopuler, komentar terbaru, FB like box, dirancang dimenu tata letak ini.

7. Template

Template merupakan sebuah File, yang merupakan penyusun tampilan blog kita, tampilan blog dapat disesuaikan sesuai dengan kemauan kita dengan memodifikasi kode template, template blogspot biasa nya disusun dengan kode HTML dan CSS.

8. Setting / Setelan

Menu setelan (Pengaturan), Dibagi menjadi enam sub menu yang meliputi, Dasar, Pos dan Komentar, Seluler dan Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan lainnya. Namun kali ini saya tidak membahas menu setelan ini secara rinci karena penjelasanya sangat panjang. jadi mungkin akan saya bahas secara terpisah.