Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Senin, 01 September 2014

Cara Membuat Partisi dan Memindahkan Dengan Benar

Partisi adalah lanngkah membagi hard disk menjadi beberapa slot bagian untuk ruang penyimpanan. Bagi Anda yang membeli hard disk baru, tentu Anda harus membuat sejumlah partisi agar nanti windows dan data lainya tidak berada dalam satu bagian. Untuk proses install, beberapa system operasi mewajibkan Anda untuk membuat beberapa partisi sebelumnya. Bagi Anda yang belum tau berikut ini Cara Membuat Partisi dan Memindahkan Dengan Benar dan di rekomendasikan.

Partisi hard disk melalui live CD


Untuk mengakses hard disk Anda dari luar, gunakan Paragon Partition Manager (terintegrasi dalam Paragon System Upgrade Untilities) dengan membakar sebuah image yang mampu melakukan proses boot.

Dalam partition manager, pilih hard disk dan menu “Basis-hard disk”. Gunakan slider untuk menentukan sebuah bagian hard disk baru. Selanjutnya, klik kanan pada bagian ini dan navigasi ke “create partition”. Untuk partisi windows gunakan format NTFS dan pilih “Primary”. Untuk partisi data pilih “Advanced”.

Gambar Membuat Partisi dan Memindahkan Dengan Benar
 
Partisi dengan cara di bawah windows


Apabila Anda ingin memperkecil sebuah partisi, gunakan tools partisi untuk windows. Melalui program system upgrade utilities. Bukalah menu “Partitioning”. Pilih dan klik “Move Partition/change size”. Stelah itu, format partisi yang baru dan konfirmasi dengan “Run”.

Perlu diperhatikan bahwa, membuat partisi baru selalu beresiko akan kehilangan data. Oleh karena itu, backup-lah seluruh data Anda sebelum menggunakan tools partisi.

Begitulah sekilas penjelasan tentang Cara Membuat Partisi dan Memindahkan Dengan Benar di windows. Selamat mencoba dan semoga berguna.

Previous
Next Post »