Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Rabu, 03 September 2014

Tips dan Cara Reset Blackberry yang benar dan aman

Bagi para pengguna blackbeery, Jika kadang mengalami sebuah problem yang terjadi di blackbeery Anda ada saatnya Blackbeery itu harus di reset atau di setel ulang menjadi default. Namun tidak sedikit bagi para pengguna blackberry yang belum memahami tehnik reset yang baik dan benar sesuai dengan masalah yang terjadi. maka dalam artikel ini akan kami jelaskan tentang Tips dan Cara Reset Blackberry Yang benar dan aman.

Reset Blackbeery sendiri terdapat berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan yang memiliki fungsi sendiri-sendiri sesuai dengan problem pada Blackberry anda. Ada tiga jenis reset Blackberry yaitu Soft Reset, Double Soft Reset dan Hard Reset. Lebih detailnya simak yang dibawah ini.


Gambar Cara Reset Blackberry yang benar dan aman

1.  Soft Reset

Kerap digunakan untuk membersihkan log / log cleaner atau dalam artian mengurangi file-file yang dianggap tidak penting. Fungsinya adalah untuk mempercepat loading Blackberry anda, karena file-file tidak penting yang ada dalam Blackberry anda dapat memperlambat kecepatan loading Blackberry anda.

Cara : Tekan tombol "Alt" + "Capslock Kanan" + "Delete"

2.  Double Soft Reset

Perlu anda ketahui jika Double Soft Reset pada Blackberry akan menghentikan seluruh aplikasi yang ada pada Blackberry anda. Lakukan cara ini jika ketika anda melakukan Soft Reset namun loading Blackberry anda masih sangat lambat.

Cara : Tekan "Alt" + "Capslock Kanan" + "Delete" (Lakukan 2x). Layar akan kosong hingga icon jam pasir muncul, tunggu hingg system menjadi normal kembali.

3.  Hard Reset

Hard Reset dapat dilakukan jika terjadi masalah pada jaringan/network, software maupun hardware Blackberry anda.

Cara : Cabut baterry selama 30 detik kemudian pasang kembali battery tersebut. Lakukan langkah ini 2-3 hari sekali.

Jika ketiga cara reset Blackberry tersebut tidak dapat mengatasi masalah pada Blackberry anda, silahkan coba menggunakan tindakan Wipe. Apa itu Wipe ? Wipe pada Blackberry merupakan sebuah langkah pembersihan dan install ulang. Sebelum melakukan langkah Wipe pada Blackberry anda, silahkan backup terlebih dahulu data yang ada dalam Blackberry anda ke dalam komputer.

Cara Wipe pada Blackberry :

•    Pilih "Options" -> "Security Options" -> "General Setting"
•    Tekan tombol menu Blackberry dan pilih Wipe Handheld
•    Centang opsi "Include Third Party Application" untuk menghapus data-data aplikasi yang terinstal di Blackberry anda.
•    Pilih "Continue"
•    Lalu ketikkan Blackberry

Jika anda melakukan proses Wipe, ada baiknya battery dalam kondisi Full karena proses Wipe memakan waktu yang cukup lama. Terlebih jika anda menggunakan proteksi data karena jika anda melakukan Wipe anda tidak dapat menghentikan atau membatalkan proses Wipe Blackberry tersebut.

Perhatian !
•    Jangan terlalu sering melakukan proses Soft Reset karena akan mengakibatkan JVM Error 102. Artinya adalah Blackberry anda akan secara terus menerus melakukan reset sampai status software normal kembali.
•    Soft Reset berpengaruh pada software dan Hard Reset berpengaruh pada Hardware Blackberry anda.
•    Jangan terlalu sering melakukan Hard Reset (Misalnya sehari 2x), dan juga jangan melakukan Soft Reset jika status Blackberry sedang "Loading", apabila terlalu sering maka akan muncul error tipe 102 reload software artinya adalah seluruh data pada Blackberry anda akan terhapus dan Blackberry anda tidak dapat digunakan sebelum di reload kembali softwarenya.

Demikian sedikit penjelasan tentang Tips dan Cara Reset Blackberry yang benar dan aman dan semoga ini bisa membantu. terimakasih dan mampir.

Previous
Next Post »