Blog berisi artikel tutorial servis computer, Tips trik masalah komputer, tutorial blog, bisnis online, dan internet solutions.


Minggu, 03 Februari 2013

Alasan Google Chrome OS lebih aman dari Microsoft Windows

Google Chrome OS, sebagai pendatang baru dalam dunia system operasi dengan berbasiskan distro Linux Ubuntu dan menggunakan interface Chrome Browser telah di release oleh Google. Walaupun aplikasi yang ada pada Google Chrome OS belum sebanyak pada Microsoft Windows, atau setidaknya terdapat aplikasi yang mampu menggantikan aplikasi pada Microsoft Windows sebagai sebuah PC desktop yang ideal, Google Chrome OS memiliki kelebihan dari sisi yang lain. Google Chrome OS di klaim oleh beberapa pihak memiliki sisi keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan Microsoft Windows. So, apa kata dari developer Google Chrome OS mengenai hal itu ..? Developer Google Chrome OS mengatakan bahwa “tidak mungkin membuat sebuah system operasi yang mutlak aman tetapi kami akan menggunakan sebuah tehnik keamanan yang terbaik dalam membangun Google Chrome OS”. Benarkah itu ..? mari kita simak uraian selanjutnya.

Alasan pertama, Google Chrome OS menggunakan berbagai tehnik keamanan yang digunakan pada system operasi Linux untuk meminimalkan serangan yang mungkin dapat dilakukan atas Google Chrome OS. Tehnik yang diadopsi adalah namespaces dan Control Group. Dengan menggunakan kedua tehnik ini, sebuah aplikasi pada Google Chrome OS hanya dapat mengakses pada file system yang digunakan untuk menjalankan tugasnya saja. Sehingga, kemungkinan untuk penyalah gunaan atau menyerang program lain dan system secara keseluruhan yang dapat membahayakan, akan sangat sulit untuk dilakukan.

Alasan kedua, pada Google Chrome OS menggunakan tehnik sebagaimana digunakan pada OpenBSD dalam menciptakan dan menjaga file system. Prinsip yang dipakai, kita hanya dapat mungkin menciptakan sesuatu yang aman bila berada pada file system yang aman pula.

Alasan ketiga, sebagaimana pada system operasi yang baik, pada Google Chrome OS juga menerapkan automatic update untuk mengantisipasi adanya hole atau lubang keamanan.

Alasan keempat, tehnik keamanan yang digunakan pada Google Chrome OS dapat dirasakan mulai kita melakukan boot system operasi. Hal ini akan sulit dilakukan pada system operasi yang lain. Pada tahap pertama, Google Chrome OS akan melakukan cek terhadap firmware dan selanjutnya terhadap program utama yang akan menggunakan system.

Alasan kelima, Google Chrome OS menggunakan tehnik “ Sandboxing “ pada level yang terbaru dalam menciptakan system operasi yang aman. Sandbox biasa kita kenal dalam tehnik web applet. Sandbox adalah suatu mekanisme tehnik keamanan yang menggunakan system dengan memisahkan setiap aplikasi yang sedang berjalan sehingga tidak dapat saling interfensi pada level system. Sebagai contoh tehnik applet yang digunakan pada Adobe Flash, Java Applet dan Silverlight. Jika kita sering menggunakan system operasi Linux, maka kita juga mengenal tehnik “jail”. Itu semua adalah salah satu contoh dari tehnik sandbox, dalam menciptakan sebuah system yang aman.

Akankah Google Chrome OS menjadi jawara dalam menyediakan system operasi yang aman dengan tingkat biaya yang rendah ..? Mari kita amati dan review setiap langkah yang akan dilakukan pihak Google dalam mewujudkan hal tersebut.


Benarkan Google Chrome OS lebih aman dari Microsoft Windows ..?

Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/1951694-benarkan-google-chrome-os-lebih/

Previous
This is the oldest page