Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Istilah Blog, Vlog, Blogger, Vlogger, Blogging, Dan Vlogging

Apasih arti dan pengertian istilah Blog, Vlog, Blogger, Vlogger, Blogging, dan Vlogging itu? Pertanyaan ini mungkin Nampak basi buat kalian yang memang sudah mengenal dunia blog dan vlog. Namun, ternyata masih banyak temen-temen kita yang belum ngerti tentang penngertian istilah tersebut, padahal mereka sering mendengarnya.

Istilah blog, vlog, blogger, vlogger, blogging, dan vlogging sama-sama dipakai untuk tujuan memberikan informasi kepada orang banyak diseluruh dunia melalui internet. Kalian yang sering buka internet pasti pernah menemukan halaman situs blog atau vlog. Namun mungkin hanya belum tahu saja nama situs yang sedang kalian kunjungi tersebut, apakah blog atau vlog.

Definisi istilah blog, vlog, blogger, vlogger, blogging, dan vlogging dapat kalian pahami dalam penjelasan berikut:

Arti istilah blog-vlog-blogger-vlogger-blogging-vlogging yang umum

BLOG


Pengertian Blog adalah istilah singkatan dari Weblog (logging web), merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan alam blog bisa berupa apa saja seperti cerita keseharian, tips, tutorial, dan informasi lainya. Blog biasanya dikelola secara personal atau mandiri yaitu hanya satu orang saja yang aktif sebagai admin blog.

Berbeda dari website yang umumnya dikelola oleh perusahaan, atau organisasi/kelompok, blog lebih bisa dibilang sebagai aplikasi tambahan dari website karena memiliki fitur terbatas, namun seiring berkembangnya waktu, blog sekarang ini sudah memiliki tool-tool yang lengkap dan hampir menyerupai website.

VLOG


Pengertian Vlog adalah istilah singkatan yang digunakan oleh mereka para youtuber luar untuk video blog, Biasanya mereka membuat blog khusus untuk menaruh video yang di embed kode dari channel youtube mereka. Tujuannya adalah agar video merekaberpeluang dilihat lebih banyak orang, dan sekaligus mendatangkan penghasilan.

BLOGGER

Pengertian blogger adalah untuk mereka para pengelola blog, mereka aktif menulis artikel dan dipublikasikan kedalam posting blog itulah yang disebut blogger. Saat ini banyak layanan blog gratis yang dapat kalian manfaatkan untuk menjadi blogger. Seperti misalnya yang banyak digunakan adalah Blogspot.com, wordpress.com, jomla, blogdetik.com dan lainya.

VLOGGER

Sedangkan pengertian Vlogger adalah untuk disematkan kepada para pemain youtube/youtuber yang mana menyematkan videonya di blognya, tujuannya sama dengan blogger yaitu untuk memberikan informasi kepada banyak orang, namun jika blog melalui artikel, vlogger dengan video.

BLOGGING

Pengertian blogging sendiri lebih pada aktivitas seorang blogger dalam mengelola dan mengembangkan blognya agar memiliki rangking yang baik di search engine / mesin penelusuran. Misalnya seperti promosi blog, optimasi dengan teknik analisa kekuatan SEO, tukar link ke blog lain, dan lainya.

Blogger selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan blognya baik dari isi maupun tampilan blog. Blogger selalu berusaha membuat konten berkualitas agar artikel blog nangkring di halaman pertama mesin pencari dan imbasnya blognya akan mendapatkan banyak pengunjung sehingga rangking blog terus naik.

VLOGGING

Hampir sama dengan blogging, Vlogging adalah kegiatan atau semua aktivitas yang dilakukan oleh para vlogger dalam menyematkan video yang telah dibuat ke dalam blognya, Jika blogging adalah aktivitas optimasi artikel dalam posting, vlogging pada video yang disematkan di blognya.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian Blog, Vlog, Blogger, Vlogger, Blogging, dan Vlogging menurut apa yang saya pahami dan saya uraikan secara hemat dan ringkas.
Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.