Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan File Hidden Atau Folder Tersembunyi

File Hidden atau folder tersembunyi pada salah satu media penyimpanan menjadi salah satu masalah yang sering muncul pada komputer kita. Keadaan ini tentu tidak baik dan dapat membuat harddisk komputer menjadi penuh dengan data yang tidak kelihatan karena file yang tersembunyi.

Ada dua penyebab file hidden atau folder tersembunyi yaitu:

File tersembunyi akibat virus dan folder disembunyikan secara sengaja karena alasan keamanan dan lainya.

Jika kalian pernah mengalami saat ketika mau menyimpan data kedalam salah satu ruang penyimpanan di harddisk computer muncul peringatan ruang penyimpanan tidak mencukupi atau disk no space. Itu bisa disebabkan karena adanya file hidden yang membuat ruang penyimpanan jadi penuh. Untuk memastikanya silahkan buka windows explorer pada komputer, lalu klik pada local disk atau ruang yang ingin kalian pakai menyimpan data tadi. Lihat data yang ada apakah data tersebut memiliki ukuran yang membuat ruang jadi penuh atau tidak. Untuk melihat ukuran file/data klik kanan pada file tersebut dan pilih properties.

Jika kenyataanya data yang ada tidak membuat disk penuh, berarti ada beberapa folder tersembunyi yang membuat ruang penyimpanan jadi penuh. Maka kalian harus menghapus folder tersebut agar tidak memenuhi harddisk.

Untuk menampilkan file hidden tersebut berikut ini caranya
.
Pertama silahkan masuk ke folder yang ingin kalian ditampilkan
Lalu pilih tool pada menu bar dibagian atas, lihat gambar berikut;

Menampilkan file hidden atau tersembunyi

Selanjutnya kalian pilih folder option

Gambar folder hidden di explorer

Akan muncul jendela folder seperti gambar diatas, dan pada jendela folder option pilih view pada menu bar dan centang show hidden files, folder and drive.

Itulah cara menampilkan file hidden pada drive computer. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jabad
Jabad Orang biasa dengan cita-cita tidak biasa, yang mencitai dan menghargai sejarah bangsanya.