Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger – Sudah banyak sebenarnya artikel tentang tutorial dan cara membuat blog di blogspot yang banyak tersebar di blog-blog kang master. Namun bagi pemula dan belum sempat ngelihat di blog lain dan biar gak repot kali ini Albar computer bagikan cara membuat blog gratis di blogspot terbaru secara singkat padat dan jelas yang dilengkapi dengan gambar tutorial.

Sekarang ini blog  tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet. semua orang bisa membuat blog dan memilikinya secara gratis tanpa bayar sepeserpun. Modalnya hanyalah koneksi internet di komputer PC atau Laptop. Untuk membuat blog gratis Anda dapat menggunakan layanan penyedia blog gratis seperti blogger.com/blogspot.com, wordpress.com, jomla dsb.

Nah, bagi Anda yang masih baru dan belum tau cara membuat blog gratis kali ini kami bagikan tutorial cara membuat blog gratis di blogspot dengan cepat dan mudah.

Pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat blog gratis di blogspot yaitu memiliki email dari Gmail, jika belum punya silahkan membuatnya terlebih dahulu.

Silahkan menuju ke blogger atau blogspot dengan mengetikkan alamat blogger.com atau blogspot.com di address bar brownser Anda, dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Silahkan masuk dengan menggunakan alamat email dan sandi yang kalian punya. lihat gambar dibawah.


Selanjutnya anda akan melihat profil yang anda miliki, kemudian klik Lanjutkan agar bisa masuk membuat blog baru.

Setalah langkah diatas maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Cara membuat blog berlanjut, anda hanya tinggal langsung mengklik Blog Baru/new blog.

Kemudian setelah anda mengklik blog baru, maka gambar seperti di bawah ini akan muncul.

Pada gambar di atas anda semua harus mengisi setiap kolom,kolom Judul diisi dengan nama blog yang ingin anda buat, kemudian kolom Alamat diisi untuk mengisi alamat dari blog yang akan anda buat, namun sebelumnya akan di cek ketersediaan dari nama yang akan anda buat. Di kolom Template terdapat banyak gambar template dan anda harus memilihnya satu, lalu terakhir anda hanya tinggal mengklik tombol buat blog. Setelah langkah di atas terselesaikan, maka cara membuat blog baru anda berlanjut dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.
Disana terdapat tulisan "blog anda telah dibuat!" lalu untuk memulai tulisan pertama, anda hanya tinggal mengklik "mulai mengeposkan/start posting", dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.


Gambar di atas merupakan tempat menulis untuk tulisan yang akan anda buat sehingga dapat di posting di blog yang anda miliki. Lembar kerjanya hampir menyerupai Ms Word. Setelah anda membuat tulisan anda hanya tinggal mempostingnya dengan klik tombol publish/poskan, dan Anda sudah selesai membuat blog dan mengeposkan satu buah artikel yang dapat dibaca oleh banyak orang yang berkunjung ke blog Anda. jika ingin memposting artikel baru tinggal masuk di dashboard dan klik “entri baru atau new post” .

Cara diatas adalah cara awal dan dasar membuat blog gratis di blog spot. Untuk mempercantik tampilan dan mendapatkan banyak pengunjung ke blog Anda masih ada tips trik blog yang mesti Anda kuasai dan pelajari. Terus asah kemampuan kalian dalam ngeblog. semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan like-nya ok.