Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setting Shutdown Komputer Secara Otomatis

Setting shutdown komputer secara otomatis, Albar computer | Blog Tutorial. Mungkin karena lupa atau ketiduran kita sering tidak mematikan atau meng-shutdown computer kita dan membiarkanya tetap menyala. Atau karena terlalu lama di depan komputer dan mengakibatkan mata ini lelah dan ketiduran sehingga harus menunggu kita terbangun baru meng- Shutdown komputer kita. Ini tentu sering terjadi dan saya sendiri pun sering mengalaminya.

Hal ini tentu akan mengakibatkan kerugian seperti, pemborosan listrik, komputer menjadi panas dan lain sebagainya karena komputer bekerja tak henti dalam rentang waktu yang lama.

Ada solusi sederhana untuk mengatasi kejadian ini, yaitu dengan menggunakan software seperti Auto Shutdown, Shutdown Timer dan banyak aplikasi-apilikasi lainnya yang dapat anda download di internet dengan gratis.

Cara lain yaitu dengan memanfaatkan aplikasi built in yang ada pada Windows. Seperti dikala kita sedang menonton televisi sambil tiduran, jika anda kira-kira sudah mengantuk tapi masih ingin mendengarkan berita, anda bisa memasang timer televisi anda kira-kira 1 jam atau 2 jam kedepan tv akan off karena anda bakalan mimpi indah, hal ini menghindari agar anda tidak ditonton televisi, ooh... salah, maksud saya agar televisi anda tidak menyala terus sampai pagi, itung-itung sambil menghemat pemakaian listrik.

Baik, untuk cara setting shutdown komputer secara otomatis berikut langkah dan tutorialnya.

  • Klik Start -> RUN
  • Ketik shutdown.exe -s -t 3600 , 3600 (1 jam) adalah jangka waktu agar komputer mati dengan sendirinya, anda dapat mengganti durasi tersebut sesuai kebutuhan.

cara setting shutdown komputer secara otomatis
run

  • Klik OK
  • Selesai dah...!
Keterangan :

-s = untuk Shutdown
-t = untuk Time
-r = untuk Restart

Nah, itulah cara sederhana setting shutdown komputer secara otomatis yang bisa Anda praktekkan di komputer rumah atau kantor. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Setting Shutdown Komputer Secara Otomatis "

  1. wah artiken2 nya keren dan bermanfaat sob, hehe
    tuker links yuk, temanya sama kok tentang tutorial

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sob kunjunganya, maaf blognya masih berantakan. kalau mo tukeran link ayuk sob.

      Hapus