Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya

Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya
Hanya bermaksud mengingatkan kembali buat Anda semua. Bahwa semakin sering kita memakai komputer dan banyak lakukan Install software atau aplikasi tambahan serta proses copy dan hapus dan banyaknya kita mentimpan file ke dalam hard disk komputer,  itu akan membuat susunan file di memory hard disk tidak beraturan. Hal ini bisa membuat komputer bekerja kurang maksimal. langkah mengatasinya yaitu dengan Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya.

Proses copy dan hapus membuat hard disk seperti layaknya kain yang penuh tambal sulam dengan potongan-potongan file. Akibatnya, waktu akses akan bertambah panjang karena head baca harus selalu melompat kesana-kesini.

Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya

Untuk windows XP gunakan tools JkDefrag dan tampilan JkDefrag GUI. Kelebihan tools ini adalah sangat ramping sehingga tidak membutuhkan instalasi dan memiliki “Auto-Mode”. Dalam JkDefrag GUI pilih poin “General” dan di menu “Action” klik Analyze & Defrage”. Selanjutnya, beri tanda di depan drive yang bersangkutan. Aktifkan mode “Auto” di menu task planer dan pilih misalnya satu kali pembersihan setiap bulan.

Untuk windows vista dan windows 7, Anda tidak perlu menggunakan tools tambahan karena system operasi ( OS ) ini dapat melakukan proses defrag secara otomatis.

Hal penting yang harus di ingat, Apabila Anda menggunakan sebuah SSD, jangan lakukan proses defrag karena sel-sel hard disk Flash akan terbebani dan membuat cepat rusak. Jadi, nonaktifkan auto defrag di windows vista. Namun di windows 7 Anda tidak perlu khawatir karena system akan mengenali SSD secara otomatis.

Begitulah Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya yang dapat kami ingatkan kembali buat Anda semua. semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya"

Poskan Komentar